Selasa, 03 Mei 2011

Bahasa Cinta, Tolak Ukur Keromantisan

Bahasa yang dipakai pasangan untuk berkomunikasi satu sama lain mencerminkan kehidupan percintaan mereka. Penelitian di Texas menemukan bahwa bahasa dapat menjadi tolak ukur pasang surut sebuah hubungan.

Penelitian menemukan hal unik ini setelah mempelajari puisi dan surat cinta pasangan penyair pada era Victoria dan abad ke-20, yanki Elizzabeth Barrett dan Robert Browning serta Ted Hughes dan Sylvia Plath. Para peneliti menggunakan bantuan komputer untuk mengukur tingkat kesamaan kata-kata yang digunakankedua pasangan.

Penelitian itu menemukan, pasangan yang tengah dimabuk asmara biasanya menggunakan gaya bahasa yang identik satu sama lain. Seperti orang tersebut mengduplikat apa yang dikatakan kekasihnya.

"Hal tersebut juga dapat terjadi ketika seseorang membaca buku atau menonton film. Mereka akan menemukan diri mereka berbicara seperti karakter utama," Kata Molly Ireland, peneliti dari Universitas Texas di Texas, AS, Senin (4/10).
Hasilnya, pasangan Elizzabeth barrett dan Robert Browning mendapatkan sebanyak 1200 kata-kata yang identik. Sedangkan pada pasangan Ted Hughes dan Sylvia Plath ditemukan 2789 kata-kata identik.

Untuk menguatkan hasil dari penelitian itu, para peneliti juga melakukan tes yang sama pada 2000 mahasiswa. Mereka diberikan soal ujian esai, yang tentu saja setiap kata yang digunakan para mahasiswa sangat jauh berbeda.(telegraph/SHA)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar